Bahaya Penyakit Kencing Manis Yang Harus Anda Ketahui

Bahaya Penyakit Kencing Manis – Bagi Anda penderita kencing manis, sangat penting untuk mengetahui dampak serta bahaya dari kencing manis untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

Hal ini dikarenakan, kencing manis dapat menyebabkan terjadinya komplikasi, alias Anda bisa menderita lebih dari 1 penyakit.

Bahaya Penyakit Kencing Manis Yang Harus Anda Ketahui

Bahaya Penyakit Kencing Manis Yang Harus Anda Ketahui

Penyakit kencing manis sendiri termasuk penyakit berbahaya yang bisa di bilang mematikan. Karena, tidak seidkit kasus kencing manis yang berujung kematian, termasuk di Indonesia.

Seseorang dengan kencing manis memiliki tingkat kadar gula darah yang tinggi, umumnya lebih dari 200 mg/dL, sedangkan pada kondisi normal, kadar gula seharusnya berada pada kisaran angka berikut:

  • Sebelum makan: 70 sampai 130 mg/dL.
  • Dua jam setelah makan: Kurang dari 180 mg/dL.
  • Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: Kurang dari 100 mg/dL.
  • Menjelang tidur: 100 samai 140 mg/dL.

Energi yang di dapatkan oleh tubuh berasa dari glukosa atau gula yang masuk kedalam tubuh. Glukosa ini nantinya akan diserap oleh darah dan mengalirkannya menuju sel-sel tubuh guna menjadikannya energi.

Akan tetapi, pada penderita kencing manis, gula dalam darah tidak bisa disalurkan dengan baik sebagai energi, hal ini dipengaruhi oleh insulin penderita kencing manis yang tidak bisa berfungsi dengan baik dalam menghasilkan insulin.

Karena itu juga, penderita kencing manis berisiko tinggi untuk mengalami kerusakan pada organ-organ lainnya.

Berikut Beberapa Bahaya Penyakit Kencing Manis Yang Harus Anda Ketahui

Selain mudah mengalami infeksi dan luka yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, beberapa bahaya lainnya dari penyakit kencing manis ini adalah KOMPLIKASI yang meliputi kerusakan beberapa organ, diantaranya seperti:

  • Kerusakan Mata

Kadar gula darah yang tinggi pada penderita kencing manis dapat mengganggu sistem saraf pusat yang berdampak pada terpengaruhnya kesehatan mata Anda, salah satunya dapat menyebabkan kerusakan pada kornea dan lensa mata. Katarak dan glaukoma adalah kondisi paling umum pada komplikasi kencing manis. Kebutaan adalah kondisi terparah pada mata akibat kencing manis.

  • Kerusakan Ginjal

Salah satu fungsi dari ginjal adalah menyaring darah untuk kemudian dikirim ke jantung. Pada penderita kencing manis, tingkat kadar gula darah yang tinggi dapat memicu terjadingan kerusakan pada jaringan yang berfungsi sebagai saringan kecil di ginjal.

Bahkan, kencing manis yang sudah parah dapat menyebabkan gagal ginjal yang harus membuat penderitanya melakukan cuci darah secara berkala atau melakukan transplantasi ginjal untuk bisa bertahan hidup.

  • Kerusakan Sistem Syaraf

Bahaya penyakit kencing manis yang selanjutnya adalah kerusakan pada sistem syaraf, salah satunya kerusakan dapat terjadi pada dinding pembuluh darah yang berfungsi untuk menyehatkan saraf tubuh, terutama untuk bagian kaki. Karena itu, tidak heran jika penderita kencing manis sering kesemutan, mati rasa, sensasi terbakar, dan sakit pada bagian ujung jari kaki.

Baca Juga : Penyebab dan Gejala Kencing Manis

Bahaya Penyakit Kencing Manis Yang Harus Anda Ketahui Lainnya

Tidak hanya sampai disitu, bahaya lainnya yang harus Anda waspadai dari menderita kencing manis adalah kemungkina munculnya penyakit lain yang lebih parah, seperti penyakit jantung.

Bahaya penyakit kencing manis lainnya adalah pembusukan pada luka yang dapat memicu dilakukannya amputasi atau penghilangan bagian tubuh yang mengalami pembusukan, yang tersering adalah kaki.

Kepikunan dan gangguan pendengaran juga dapat terjadi pada penderita kencing manis. Karenanya, sebelum kondisi yang lebih parah dari kencing manis terjadi, sebaiknya Anda segera melakukan pengobatan.

Terima kasih banyak sudah menyimak artikel kesehatan ‘Bahaya Penyakit Kencing Manis Yang Harus Anda Ketahui‘, saya harap, artikel ini bisa bermanfaat dan tentu saja membantu proses penyembuhan kencing manis yang Anda derita.

Salah sehat

Bahaya Penyakit Kencing Manis Yang Harus Anda Ketahui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *