Gejala dan Penyebab Kencing Manis Yang Harus Diketahui

Gejala dan Penyebab Kencing Manis – Di sini, Anda akan mendapatkan informasi terlengkap seputar gejala dan juga penyebab kencing manis yang sedang Anda cari beserta dengan solusi untuk mengobatinya.

Gejala dan Penyebab Kencing Manis Yang Harus Diketahui

Mengetahui gejala sebuah penyakit menjadi sangat penting untuk mencegah kondisi yang lebih parah. Hal ini berlaku untuk semua, bukan hanya pnederita kencing manis atau mereka yang memiliki risiko lebih tinggi.

Saat kita menyadari gejala awal suatu penyakit, dalam kasus ini kencing manis, maka, pengobatan sedini mungkin dapat segera dilakukan untuk mencegah kondisi yang tidak di inginkan.

Pun demikian dengan penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab kencing manis, setidaknya, kita dapat meminimalisir dan mencegah untuk terserang penyakit berbahaya ini.

Beberapa Gejala dan Penyebab Kencing Manis Yang Harus Diketahui

Gejala dan Penyebab Kencing Manis

Gejala Kencing Manis

Pada kebanyakan kasus, kencing manis baru terdeteksi saat sudah berkembang. Hal ini terjadi karena, banyak penderita kencing manis yang tidak menyadarinya sejak dini akibat gejala kencing manis yang tidak terlalu spesifik.

Kendati demikian, ada beberapa gejala kencing manis yang paling umum, namun, jarang disadari, seperti:

  • Tubuh yang sering merasa lemas dan kelelahan
  • Mudah merasa lapar dan haus
  • Meningkatnya frekuensi berkemih, terutama saat malam
  • Terjadi penurunan berat badan yang drastis tanpa sebab yang jelas
  • Jika terluka, sangat sulit untuk sembuh, termasuk memar yang bisa bertahan lebih lama dari biasanya
  • Secara bertahap, panglihatan menjadi kabur
  • Berkurangnya massa otot
  • Lebih rentan untuk mengalami infeksi, baik pada vagina, kulit, gusi, maupun saluran kemih.
  • Disfungsi seksual bisa terjadi pada pria dengan kencing manis

Tidak hanya gejala di atas yang harus Anda waspadai, gejala lainnya yang sangat sering disepelekan adalah perubahan warna kulit yang menjadi kehitaman, terutama pada bagian lipatannya, salah satunya pada leher. Kondisi tersebut dikenal sebagai Acanthosis nigricans (resistensi kulit terhadap insulin).

Penyebab Kencing Manis

Mereka yang memiliki riwayat penyakit kencing manis dalam keluarganya, baik itu kakek, nenek, ayah, atau ibu, risiko orang tersebut untuk menderita kencing manis meningkat, bahkan 6 kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki riwayat kencing manis dalam keluarganya.

Selain memiliki faktor keturunan, ada banyak sekali faktor-faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk menderita kencing manis. Penasaran apa saja? Inilah beberapa faktor tersebut:

  • Kerusakan Sel Beta Pankreas

Insulin yang dihasilkan oleh pankreas memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga stabilitas kada gula darah, saat terjadi kerusakan, sel beta pankreas tidak akan mampu lagi untuk menghasilkan insulin yang dibutuhkan oleh tubuh, akibatnya, kadar gula darah melonjak.

  • Gaya Hidup

Seseorang dengan gaya hidup yang buruk, seperti sering konsumsi junkfood (makanan siap saji), termasuk gorengan, memiliki berat badan berlebihan (obesitas), sampai dengan Anda yang meger alias males gerak atau lebih sering berdiam diri tanpa melakukan aktivitas fisik yang berat, memiliki risiko yang cukup tinggi untuk menderita kencing manis.

Kebiasan lainnya yang juga dapat menyebabkan Anda menderita kencing manis, adalah:

  • Keranjingan soda
  • Kecanduan alkohol maupun rokok
  • Sering ngemil, terutama yang manis-manis dan pada malam hari
  • Hormon di dalam tubuh yang tidak seimbang
  • Efek samping konsumsi obat-obatan tertentu, termasuk pil kontasepsi (kb)
  • Tingkat stress yang tinggi
  • Kurang tidur (7-8 jam adalah waktu tiduir yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan)

Itulah gejala dan penyebab kencing manis yang harus Anda tahu. Saat Anda mendapati salah satu atau beberapa gejala kencing manis, maka, segeralah lakukan pemeriksaan.

Jika Anda memiliki risiko yang tinggi, maka, Anda bisa menjauhi kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu kencing manis di atas. Bukankah, melakukan pencegahan jauh lebih baik?

Bagi Anda yang berminat untuk melakukan pencegahan maupun pengobatan kencing manis secara alami, aman, dan tanpa efek samping, silahkan kunjungi link berikut:

Obat Tradisional Kencing Manis 100% Herbal

 

Demikian informasi seputar gejala dan penyebab kencing manis yang bisa saya sampaikan di sini. Semoga, artikel kesehatan di atas bisa bermanfaat dan tentunya membantu Anda terhindar dari kondisi yang lebih parah akibat kencing manis.

Gejala dan Penyebab Kencing Manis Yang Harus Diketahui

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *