Berapa Kadar Gula Darah Normal Yang Seharusnya?

Kadar Gula Darah Normal – Mungkin dari pembaca sekalian ada yang belum tahu berapa kadar gula normal seharusnya. Baik pada orang dewasa, anak-anak, wanita, atau pria.

Berapa Kadar Gula Darah Normal Yang Seharusnya?

Kadar Gula Darah Normal

Nah, bagi Anda yang belum tahu, di sini, kami akan memberikan sekilas informasi mengenai gula darah dan berapa seharunya kadar gula darah normal menurut WHO.

Apa Itu Gula Darah?

Dari wikipedia, gula darah adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah. Perananan glukosa atau gula di dalam aliran darah ini merupakan sumber utama energi untuk sel-sel tubuh.

Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh sel beta pankreas dan bertanggung jawab untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap dalam jumlah yang seimbang.

Selain memiliki peranan penting sebagai energi, kadar gula darah yang tidak terkontrol bisa menjadi masalah. Kencing manis adalah penyakit yang paling umum terjadi akibat dari gagalnya pengaturan gula darah.

Karena itu, sangat penting sekali untuk menjaga kadar gula darah tetap berada dalam batas normal. Tidak berlebih (hiperglikemia) ataupun terlalu rendah (hipoglikemia).

Lalu, Berapa Kadar Gula Darah Normal Manusia?

Kadar gula darah seseorang akan dipengaruhi oleh beberapa kondisi, sehingga, hasilnya akan berubah tergantung dari kapan mengukurnya yang terkait dengan waktu makan, serta berapa banyak makannya.

Karena itulah, ada beberapa waktu yang tepat untuk mengukur kadar gula darah. Dan berikut adalah rata-rata kadar gula darah normal, masing-masing:

  • Gula Darah Puasa (GDP) : Pengukuran gula darah 8 jam terakhir (saat Anda tidak makan atau minum sesuatu) atau setelah bangun pagi. Nilai normal gula darah puasa adalah antara 70-100 mg/dL
  • Gula darah 2 jam setelah makan (GDPP) : Nilai normal gula darah yang diukur 2 jam setelah makan adalah 100–150 mg/dl
  • Gula Darah Sesat (GDS) : Pengukuran dilakukan random atau acak dan bisa kapan saja di luar waktu di atas. Kadar gula darah normal GDS adalah 70–200 mg/dL.

Jika saat dilakukan pengukuran kadar gula darah, ternyata nilainya di atas angka di atas, maka, Anda harus waspada. Ada kemungkinan besar Anda bisa menderita kencing manis.

Agar kadar gula darah tidak melonjak, Anda harus menjaga asupan makanan Anda. Hal ini, karena beberapa makanan memiliki kandungan glukosa tinggi yang dapat mimicu naiknya kadar gula darah.

Baca Juga : Makanan Yang Bisa Menaikkan Kadar Gula Darah

Selain itu, hal lainnya yang menyebabkan kadar gula darah tinggi adalah adanya gangguan pada pankreas. Saat pankreas mengalami gangguan, maka, hormon insulin yang dihasilkan tidak bisa memenuhi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sekarang Anda sudah tahu, ‘kan, berapa kadar gula darah normal seharusnya?. Nah, supaya kadar gula darah Anda tetap normal, saya sarankan Anda untuk menjalankan hidup sehat dan membatasi asupan makanan yang memang dapat memicu kenaikan gula darah.

Demikian informasi mengenai “Kadar Gula Darah Normal” yang bisa saya share di sini. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda semuanya. Anda bisa mengkonsumsi suplemen kesehatan Jelly gamat QnC untuk mengontrol kadar gula darah Anda. Silakan KLIK DI SINI untuk informasi lengkapnya!

Kadar Gula Darah Normal

Comment (1)

  1. Pingback: Fungsi Insulin Bagi Tubuh dan Efeknya Jika Kekurangan atau Kelebihan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *