Makanan Untuk Penderita Keputihan

Apakah Anda sudah tahu anjuran dan pantangan makanan untuk penderita keputihan ?

Bagi wanita penderita keputihan, menjaga asupan makanan termasuk hal yang sama pentingnya dengan melakukan pencegahan dan pengobatan. Pasalnya, beberapa jenis makanan justru dapat memperburuk kondisi keputihan yang Anda derita.

Maka dari itu, mulai dari sekarang sebaiknya Anda mengetahui apa saja makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi penderita keputihan. Dengan begitu, Anda bisa mengendalikan keputihan yang Anda derita.

Makanan Untuk Penderita Keputihan

Setelah kemarin saya membahas mengenai penyebab keputihan abnormal, sekarang giliran informasi mengenai makanannya yang akan saya sampaikan di sini.

Makanan Untuk Penderita Keputihan

Pantangan Makanan Untuk Penderita Keputihan

1. Gula

Anda penderita keputihan sebaiknya membatasi atau bahkan menghindari makanan yang manis atau mengandung gula tinggi.

Kepana? Berdasarkan studi dr.Cook, kadar gula atau glikemik yang tinggi dapat meningkatkan pertumbuhan jamur dan bakteri menjadi lebih cepat sekaligus memicu terjadinya keputihan.

Beberapa minuman dan makanan dengan kadar glikemik atau gula tinggi yang menjadi pantangan untuk penderita keputihan diantaranya adalah:

  • Minuman bersoda atau berkarbonasi lainnya, termasuk minuman bernergi
  • Buah yang dikeringkan
  • Beberapa jenis buah, seperti anggur, pisang, dan bengkoang.
  • Aneka kue

2. Timun dan Nanas

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita keputihan selanjutnya adalah mentimun dan nanas. Kedua jenis makanan tersebut dapat merangsang hormon estrogen dan meningkatkan produksi lendir penderita keputihan.

3. Ragi

Sebelum penyakit keputihan yang Anda derita sembuh, Anda juga dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung ragi, termasuk roti, tahu/tempe, tape, jamur, dan makanan yang di fermentasi lainnya, termasuk keju. Hal ini karena, ragi termasuk yang dapat menyebabkan munculnya keputihan pada wanita.

4. Makanan Lainnya

Selain beberapa jenis makanan di atas, Anda penderita keputihan juga sebaiknya tidak mengkonsumsi dulu makanan dan minuman di bawah ini:

  • Alkohol, bir, tuak, dan sejenisnya
  • Makanan yang diolah dari tepung, seperti roti putih, kue panggang, crackers, pasta, mie dll
  • Makanan yang mengandung pengawet kimia, termasuk daging olahan (kornet, sosis, bacon, dll) dan makanan kalengan
  • Pasta tomat
  • Makanan berlemak tinggi, seperti aneka gorengan, makanan bersantan, dan lainnya.

Anjuran Makanan Untuk Penderita Keputihan

Meskipun pantangan untuk penderita keputihan tidak sedikit, masih banyak makanan sehat untuk dikonsumsi oleh penderita keputihan. Diantaranya adalah:

  • Buah-buahan : Apel, jeruk, melon dan strawberry
  • Ramuan kunyit
  • Sayuran hijau
  • Makanan yang rendah gula dan tidak mengandung lemak tinggi

Di samping konsumsi makanan sehat untuk penderita keputihan di atas, Anda juga disarankan untuk memperbanyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, pastikan Anda untuk selalu membersihkan dan merawat organ intim Anda, tidak mengenakan celana dalam yang ketat, mengelola kadar stres, dan istirahatlah dengan cukup.

Demikianlah informasi mengenai anjuran dan pantangan makanan untuk penderita keputihan di atas. Semoga, artikel kesehatan ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Baca Juga : Cara Alami Mengobati Keputihan

SALAM SEHAT
Posted By : Obat Kencing Manis

Makanan Untuk Penderita Keputihan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *