Mengenal Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening dan Faktor Risikonya

Mengetahui atau mengenal penyebab kanker kelenjar getah bening dan fakto risikonya itu penting, lho. Jadi, Anda bisa melakukan pencegahan sedini mungkin.

Karena, penyakit kanker kelenjar getah bening yang dialami oleh seseorang tidak terjadi begitu saja, melainkan ada pemicu atau penyebabnya.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

Ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan atau meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit kanker kelenjar getah bening.

Di bawah ini kami telah merangkum faktor-faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker kelenjar getah bening.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening dan Faktor Risikonya

Dikutip dari laman Medical News Today, kanker muncul dari pertumbuhan sel abnormal. Di mana, sel yang seharusnya mati seperti pada siklus kehidupan sel normal, malah berkembang dan menyebar secara tidak terkontrol.

Pada kasus ini, sel kanker tumbuh dan berkembang pada kelenjar getah bening. Jika tidak segera ditangani, sel kanker ini bisa menyebar ke jaringan dan organ lainnya.

Sel kanker dari kelenjar getah bening ini lebih sering menyebar ke bagian paru-paru, hati, sampai ke sumsum tulang.

Penyebab kanker kelenjar getah bening secara pastinya mungkin belum diketahui. Namun, ada faktor-faktor yang diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena kanker jenis ini.

Nah, beberapa faktor risiko kanker kelenjar getah bening ini meliputi:

  • Gender atau jenis kelamin. Kanker KGB ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita.
  • Usia. Risiko KGB umumnya lebih tinggi pada kisaran usia 20-30 tahun dan mereka yang berusia di atas 55 tahun.
  • Genetik. Seseorang dengan orang tua atau saudara yang memiliki riwayat penyakit kanker ini memiliki risiko lebih tinggi untuk menderita KGB dikemudian hari
  • Memiliki penyakit autoimun
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah, termasuk pada penderita HIV/AIDS atau karena penggunaan obat-obatan tertentu
  • Infeksi, termasuk infeksi mononukleosis ataupun infeksi dengan EBV
  • Terpapar bahan kimia dan radiasi

Nah, itulah beberapa pemicu atau penyebab penyakit kanker kelenjar getah bening.

Apakah penyakit kanker kelenjar getah bening bisa dicegah?

Banyak sekali yang mencari cara mencegah penyakit kanker kelenjar getah bening ini. Tapi, apakah penyakit kanker KGB ini bisa dicegah?

Dan, jawabannya adalah bisa. Setiap penyakit bisa dicegah, termasuk penyakit kanker kelenjar getah bening. Pencegahan bisa Anda lakukan dengan menghindari penyebab dan faktor risikonya.

Lalu, bagaimana dengan faktor yang tidak bisa diubah, misalnya usia dan faktor genetik?

Mungkin benar jika ada beberapa faktor yang tidak bisa dihindari. Namun, Anda bisa menekan risiko tersebut dengan menjalani gaya hidup yang sehat.

Mulailah dari memperhatikan makanan yang akan Anda konsumsi setiap harinya. Hindari makanan cepat saji, makanan olahan, soda, alkohol, dan makanan kurang sehat lainnya. Ganti dan perbanyaklah dengan makanan bergizi seimbang, terutama buah-buahan dan sayuran.

Rutinkan untuk melakukan olaharag. Tidak perlu yang berat, kok. Anda bisa memulainya dengan olahraga ringan, misalnya jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, bahkan lari atau yoga.

Nah, bagi Anda yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit kanker KGB ini, Anda disarankan untuk melakukan medical check-up dan juga skrining kanker secara rutin.

Hal ini akan sangat menguntungkan Anda. Sel kanker yang tumbuh bisa terdeteksi lebih dini. Sehingga, Anda bisa segera mendapatkan penanganan. Pengobatan yang dilakukan lebih awal bisa memperbesar peluang Anda untuk sembuh total.

Informasi obat , Lihat disini  OBAT KANKER KELENJAR GETAH BENING ALAMI  

Terima kasih telah menyimak informasi penyebab kanker kelenjar getah bening dan faktor risikonya di atas. Semoga, artikel di atas bisa bermanfaat untuk kita semua.

Penyebab Kanker Kelenjar Getah Bening

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *